Ratna Yulianingthias>
SALAH SATU SURGA DUNIA DI INDONESIA



Sebutkan belahan bumi mana yang paling indah menurut Anda? Apakah itu pulau Wayag? Jika tidak, mungkin Anda harus berpikir ulang. Lihatlah foto-foto panorama pulau Wayag di internet. Anda akan terperangah karena keindahan pulau Wayag mungkin akan sulit tertandingi. Ini benar-benar surga dunia!

Pulau Wayag mulai terkenal sejak tahun 2009, seiring dengan tersebarnya keindahan pulau ini di dunia maya. Aktivitas paling populer yang bisa Anda lakukan di Wayag adalah mendaki puncak karang selama 30 menit dan melihat keindahan pulau-pulau kecil dari atas. Anda akan melihat karang-karang kecil itu menghampar di lautan biru jernih. Langit yang cerah seperti payung yang menjaga ketentraman pulau nan sepi ini. Karst terjal itu bagai cendawan yang berdiri tak beraturan dengan ukuran yang bermacam-macam. Sungguh keindahan yang tak terkira. Pulau Wayag adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Liburan Anda ke Raja Ampat tak sempurna jika tanpa singgah ke pulau Wayag. Bagi penggemar fotografi, keindahan lanskap Wayag sayang untuk dilewatkan. Dari angle manapun, pulau ini tampak cantik. Susunan karst yang acak plus lautan yang tampak seperti beludru benar-benar menggoda lensa kamera Anda.



Untuk dapat menikmati keindahan pulau Wayag, Anda harus mendaki selama kurang lebih 30 menit. Jalanannya amat curam dengan kemiringan hingga 90 derajat. Dibutuhkan stamina ekstra, semangat dan kehati-hatian agar dapat mencapai puncaknya dengan selamat. Setibanya di puncak inilah gugusan karst akan memesona mata Anda. Eksotisme  pulau ini juga bisa juga dirasakan dengan naik kapal. Dari atas kapal inilah kita bisa menemukan banyak ikan dan biota laut yang lucu dan belum pernah kita temui sebelumnya seperti penyu, ikan pari, kalabia dan masih banyak lagi.

Keindahan pualu Wayag di distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat ini salah satunya karena letaknya berada di wilayah segitiga terumbu karang dunia atau yang sering disebut dengan Coral Triangle. Itu mengapa membuat Raja Ampat, termasuk wilayah ini, sebagai kawasan yang paling kaya dengan keragaman hayatinya di dunia.


Untuk mencapai pulau Wayag memang cukup jauh dan menghabiskan waktu yang tidak sebenatar. Dari Sorong, ibukota Papua Barat, kita bisa menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp. 9 juta dan menempuh waktu selama 5 jam. Selain dari Sorong, perjalanan bisa ditempuh melalui Waisai dengan biaya sekitar Rp. 6 juta dengan waktu tempuh 6 jam. Kini pulau Wayag sedang diusulkan untuk menjadi kawasan geopark. Geopark adalah kawasan warisan geologi yang mempunyai nilai ilmiah atau pengetahuan yang jarang dipunyai oleh tempat lain. Juga tanda bahwa kawasan ini mempunyai nilai estetika dalam berbagai skala. Geopark juga dimaknai sebagai kawasan konservasi dan perlindungan, sehingga warisan geologinya tetap lestari dan dapat diturunkan kepada generasi selanjutnya. Jika menjadi geopark, harapannya kawasan ini akan makin terlindungi. Para wisatawan yang keluar masukpun akan semakin tertib dan teratur. Tidak itu saja, pemerintah setempat juga berencana menata kawasan pulau Wayag dengan membuat jalan yang mempermudah wisatawan menuju puncak bukit Wayag.
Oya, untuk masuk ke wilayah kepulauan raja Ampat, wistawan harus membeli pin yang berlaku setahun. Harga pin untuk wisatawan lokal adalah Rp. 250 ribu sedangkan wistawan mancanegara Rp 500 ribu. Selain pulau Wayag, jangan lupa mampir ke destinasi lainnya seperti Waiwo, Teluk Mayalibit dan kampung wisata Arborek. Selamat menikmati surga dunia!


Sumber            :

0 komentar:

Posting Komentar

RY Blog's © Copyright 2012. Tecnologia do Blogger
By Iâni Naíra